Dekorasi

5 Inspirasi Desain Rumah Split Level Sederhana dan Modern

Desain rumah split level

Desain rumah split level sederhana memungkinkan kamu membuat ruang tambahan meskipun dengan ruang yang terbatas. Saat ini banyak orang yang mulai menerapkan desain split level dalam membangun rumah yang mereka impikan. Keterbatasan lahan yang ada saat ini mulai memunculkan banyak ide desain rumah yang praktis dan inovatif. Desain split level selalu berusaha dalam memanfaatkan lahan secara seoptimal mungkin. Model rumah dengan desain split level ini sebenarnya sudah eksis di Amerika Serikat sejak tahun 1970 .

Desain rumah split level
Sumber : Pinterest.com

Ada beberapa karakteristik yang sangat khas pada desain split level yang berbeda dari desain rumah pada umumnya yaitu :

  1. Adanya jendela berukuran besar yang berguna untuk memperlancar sirkulasi udara ke dalam rumah;
  2. Menggunakan loteng tempat penyimpanan tambahan;
  3. Menggunakan bahan-bahan kontruksi alam seperti batu ataupun kayu;
  4. Memiliki ketinggian atap yang lebih rendah dari biasanya;
  5. Memiliki ukuran ruang tamu cenderung lebih besar dari pada ruangan lain.

 

Berikut 10 Inspirasi Desain Rumah Split Level Sederhana

1. Desain Rumah Split  Level  Sederhana  Ukuran 6 mx 12 m

Seiring berjalannya waktu, pembangunan rumah semakin banyak dilakukan. Sehingga jumlah lahan untuk pembangunan pun semakin terbatas. Namun, area sempit suatu halangan dalam menciptakan suatu hunian yang nyaman. Salah satu cara untuk mengatasi keterbatasan lahan dalam membangun rumah yaitu dengan menerapkan desain split  level sederhana . Meskipun hanya memiliki ukuran lahan 6 mx 12 m yang sangat terbatas jika ingin membangun ruangan yang besar.

Caranya yaitu dengan menerapkan desain rumah 1,5 lantai. Merupakan ruang tambahan yang ada di antara lantai dasar dan atap. Pembuatan ruang tambahan berguna untuk berbagai fungsi seperti menjadi ruang makan, ruang tidur, atau pun ruang kerja. Desain rumah split level sederhana memiliki banyak keuntungan seperti lebih simple, bisa memanfaatkan keterbatasan lahan, dan lebih mudah dalam pembersihannya. Desain rumah split level sederhana meskipun dengan ukuran lahan yang terbatas masih bisa terlihat rapi dan cantik dengan memanfaatkan dekorasi yang menarik.

2. Desain Rumah Split  Level Sederhana Khas Jepang

Desain rumah split level sederhana khas jepang merupakan salah satu desain rumah dengan lahan terbatas dan memanfaatkan berbagai elemen alami. Salah satu ciri khas dari desain rumah ini yaitu penggunaan jendela yang berukuran lebih besar dari rumah biasanya agar menyiasati ukuran atap rumah yang lebih rendah dari biasanya. Jendela yang berar berfungsi untuk memperlancar sirkulasi udara  ke dalam ruangan. Adanya ruangan kecil yang berada di bawah bisa menjadi area tempat bermain atau tempat penyimpanan berbagai barang. Desain rumah split level sederhana khas Jepang memiliki karakteristik lain yaitu penggunaaan komponen utama kayu sebagai bahan pembuatnya. Desain ruah khas Jepang ini cukup identik dengan tampilan yang rapi dan estetik.

3. Desain Rumah Split  Level khas Apartemen

Desain apartemen biasanya memang memiliki tujuan untuk menyiasati ruangan yang memiliki ukuran terbatas. Desain rumah split level khas apartemen ini identik dengan tampilan modern dan minimalis. Bagi yang menyukai tampilan modern minimalis tampaknya akan menyukai desain rumah yang satu ini. Tampilan rumah split level khas apartemen ini memiliki satu lantai yang setengah kali lebih tinggi dari lantai dasar. Lantai dasat bisa kita gunakan untuk ruang tamu dan ruang keluarga.

Salah satu konsep favorite banyak orang yaitu gaya modern dan mewah yang bisa kita padu padankan dengan konsep split level minimalis. Kita bisa menggunakan material besi untuk bahan tangga dan jendela yang bisa memberikan kesan fancy. Pemilihan warna yang netral seperti putih, abu-abu, dan ivory memberikan kesan ruangan menjadi lebih besar. Untuk keperluan furnitur seperti meja, kursi, dan lemari bisa memberikan nuansa warna yang senada dengan dinding ruangan.

4. Desain Rumah Split Level  Mewah Modern

Desain rumah mewah modern memiliki ciri khas dengan tampilan furniture yang memiliki tampilan sederhana namun modern. Rumah dengan desain mewah modern dengan memadukan warna yang sederhana. Seperti perpaduan warna pastel dan putih akan memberikan kesan warm dan cantik pada ruangan. Interior desain rumah split level mewah modern ini juga memiliki tampilan layaknya rumah split level lain yang memiliki tampilan jendela besar. Rumah modern memiliki dekorasi yang lebih simple. Sehingga cocok untuk kamu yang menyukai tampilan tidak terlalu banyak dekorasi atau tambahan aksesoris ruangan.

Kamu bisa memberikan kombinasi warna yang sederhana seperti warna putih dan hitam agar memberikan kesan cerah bagi ruangan. Belakangan ini rumah yang mengusung desain mewah modern memiliki konsep tropis nan elegan. Desain rumah split level modern semakin dirancang untuk mementingkan berbagai unsur di dalamnya. Sehingga semakin mampu beradaptasi dengan iklim tropis.

5. Desain Rumah Split level dengan 1,5 Lantai

Untuk rumah yang memiliki lahan terbatas dengan hanya ukuran sekitar 6 m x 10 m sudah bisa mendapatkan rumah dengan 1,5 lantai. Caranya yaitu dengan memanfaatkan ruangan sempit untuk membuat tangga. Kuncinya yaitu pada penataan ruangan yang rapi sehingga akan menghasilkan space yang cukup untuk desain lainya. Dengan dekorasi yang rapi dan estetik akan menghasilkan ruangan terkesan luas dan menarik meskipun di rumah yang memiliki lahan terbatas. Untuk dekorasi tangganya bisa menggunakan bahan kayu untuk menciptakan kesan natural dan alami.

Pada awalnya desain 1,5 lantai ini berguna untuk bangunan yang berada di lahan tida rata dan untuk memaksimalkan ruang vertikal. Anak tangga yang digunakan juga tidak terlalu banyak yaitu sekitar 5-10 anak tangga saja karena untuk ukuran 1,5 lantai.

Beberapa Keunggulan Desain Rumah Split Level 1,5 Lantai

Beberapa keunggulan yang bisa kita manfaatkan dari desain rumah split level 1,5 yaitu :

  1. Memberikan suasana sirkulasi udara dan cahaya yang sangat baik

Rumah split level dengan 1,5 lantai biasanya menggunakan jendela yang berukuran besar untuk melengkapi furniture nya. Penggunaan jendela yang besar akan menyebabkan sirkulasi udara dan cahaya yang keluar masuk ruangan menjadi lebih banyak dan teratur. Dengan adanya sirkulasi udara dan cahaya yang baik memberikan manfaat bagi kondisi kesehatan kita. Selain itu, dengan adanya sirkulasi cahaya yang baik juga bisa menghindari furniture dari elemen kayu terkena jamur ataupun berayap.

2. Memberikan Ruang yang Multifungsi

Rumah yang memiliki 1,5 lantai dapat memberikan keuntungan efisiensi dan optimalisasi ruangan yang baik. Dengan adanya pertambahan tinggi atau level ruangan bisa memberikan tambahan space dan tampilan rumah yang modern. Ruang tambahan biasanya memiliki fungsi untuk ruang penyimpanan, ruang istirahat, dan ruang kumpul keluarga. Dengan penataan ruangan yang tepat dapat memberi kesan tampilan ruangan yang lebih besar.

3. Cocok Untuk Lahan yang Berkontur

terkadang kita menemui yang tidak rata atau memiliki kontur yang  tinggi . Namun, saat ini lahan-lahan tersebut juga bisa kita manfaatkan untuk membuat rumah hunian yang nyaman dan memiliki desain menarik. Salah satunya yaitu dengan menggunakan desain rumah split level dengan 1,5 lantai.

Related posts

10 Inspirasi Desain Cat Tembok Unik dan Cantik

Reza

5 Model Rumah Minimalis Sederhana dan Simple

Reza

5 Model Wallpaper Dinding Aesthetic dan Modern

Reza

Leave a Comment