Dekorasi

8 Dekorasi Pernikahan di Rumah yang Unik dan Elegan

Chí Nguyển Quố/Pixabay

Dekorasi pernikahan di rumah sering kali dikeluhkan oleh beberapa orang karena pada pernikahan yang dilangsungkan di rumah memiliki keterbatasan area. Pernikahan menjadi satu bagian yang terpenting dalam kehidupan seseorang. Dalam melangsungkan acara pernikahan hal yang mudah karena ada banyak prosesi yang harus dilakukan dan tamu undangan yang hadir. Prosesi pernikahan juga biasanya dilakukan dengan mewah bahkan bisa menghabiskan dana mencapai ratusan juta rupiah. pernikahan Persiapan banyak dilakukan jauh-jauh hari agar tidak ada kekurangan ketika acara berlangsung. Pernikahan identik dengan dekorasi yang cantik dan menarik bahkan mewah.

Dengan adaya dekorasi yang cantik bisa mencuri banyak perhatian para tamu undangan yang datang. Pelaminan merupakan salah satu tempat yang paling penting pada sebuah pernikahan. Akan tetapi untuk membuat suatu tempat pelaminan yang megah dan elegan membutuhkan biaya yang cukup mahal. Membuat dekorasi pernikahan yang unik dan elegan juga bisa dilakukan di rumah. Berikut ini beberapa dekorasi pernikahan di rumah yang bisa kamu tiru.

8 Dekorasi Pernikahan di Rumah Yang Bisa Kamu Tiru

1. Membuat Kesan Alami

 Chí Nguyển Quố/Pixabay
Chí Nguyển Quố/Pixabay

Konsep alam biasanya merupakan perpaduan antara konsep adat dengan aksesoris tertentu yang dipadupadankan. Gaya natural bisa menciptakan kesan elegan yang mewah meskipun dengan pengeluaran yang tidak terlalu mahal. Konsep natural ini biasanya banyak diambil dari budaya negara Inggris, Amerika, dan Eropa. Konsep natural juga banyak dikenal sebagai konsep rustic yang menggunakan konsep alam. Tema natural ini sangat populer terutama di kalangan anak muda. Kesan natural dapat membuat penampilan menjadi lebih sederhana, cantik, dan minimalis.

Tema ini bisa memberikan kesan yang hangat dan romantis bagi pasangan yang melangsungkan pernikahan. Salah satu tema yang unik dan belum banyak sebelumnya. Kesan natural memang tidak menggunakan banyak elemen sebagai hiasan pada dekorasinya membuat tema ini menjadi gaya yang unik. Apa tema pernikahan ini bisa dilakukan di halaman rumah atau taman belakang rumah. Bahkan jika tidak memiliki halaman rumah yang cukup juga bisa dilakukan di dalam rumah menggunakan tenda.

2. Membuat Taman Dalam Ruangan

dekorasi taman
id.pinterest.com

Taman bisa menciptakan kesan yang natural dan cantik bagi suatu ruangan. Terlebih dengan adanya hiasan dan penambahan kesakralan dari pernikahan. Kamu bisa meletakan bunga dan tanaman lain di dalam ruangan. Agar menciptakan ruangan yang tetap bersih, kamu bisa menggunakan tanaman yang sudah dipotong dan tidak menggunakan tanah asli pada pembuatan taman. Konsep pernikahan ini bisa dikolaborasikan menggunakan hiasan seperti gelas kaca, bangku kayu, hiasan meja yang membuat dekorasi menjadi lebih cantik.

3. Nuansa Kayu

dekorasi pernikahan di rumah
PublicDomainArchive /Pixabay

Dekorasi yang menggunakan elemen kayu, ocehan, atau potongan kayu bisa memberikan nuansa yang lembut. Dengan menggunakan berbagai elemen kayu, kita harus memanfaatkan kreativitas yang kita bisa. Nuansa kayu ini juga menciptakan kesan  vintage dari sebuah pernikahan. Penambahan ornamen lain seperti bola lampu pohon dan menghidupkan bisa menghidupkan suasana. Pada bagian kursi bisa menggunakan kursi yang terbuat dari kayu dan menggunakan bantalan untuk dudukannya. Selain itu, pilihlah warna bunga yang tidak terlalu mencolok.

4. Membangun Kesan Intim

heikamu.com
heikamu.com

Membangun kesan intim pada acara pernikahan merupakan salah satu hal terpenting dalam keberlangsungan suatu acara pernikahan. Kesan ini sebenarnya sama dengan kesan pada acara pernikahan kebanyakan. Terutama pada acara pernikahan yang hanya dapat dihadiri oleh orang yang terbatas. Pernikahan ini biasanya hanya dihadiri oleh kurang dari 100 orang. Keuntungan dari  pernikahan intim ini adalah kualitas dan penghematan biaya dalam pernikahan. Pada konsep  pernikahan intim ini bisa membuat pasangan pengantin menjadi lebih  menikmati acara hanya dihadiri oleh orang-orang terdekat.

5. Membuat Tema Warna Putih

weddingmarket.com
weddingmarket.com

Putih merupakan salah satu warna konsep pernikahan yang banyak digunakan. Konsep ini memberikan kesan yang romantis dan sederhana. Warna putih juga bisa membuat tampilan yang elegan pada suatu pernikahan. Warna putih pada dekorasi pernikahan bisa digunakan pada warna tenda, warna bangku, warna baju pegantin, dan lainnya. Selain itu, warna putih juga cocok untuk dipadupadankan pada berbagai warna. Warna putih banyak diartikan sebagai warna yang menunjukan arti siap untuk menjalani kehidupan dan membuka jalan bagi para pembaca untuk menyiratkan suasana yang damai dan nyaman.

6. Menggunakan Tenda

id.pinterest.com
id.pinterest.com

Penggunaan tenda memang sebuah hal wajib dalam melakukan acara pernikahan meskipun tidak semua acara pernikahan memakai tenda. Namun tenda merupakan bahan yang cukup sering kita temui di acara pernikahan. Penggunaan tenda memiliki banyak keuntungan antara lain tidak khawatir akan kepanasan dan hujanan. Dalam menggunakan tenda pernikahan, ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan.

Tips Menggunakan Tenda Pada Pernikahan

1. Memperhitungkan Kemampuan Biaya

Banyak orang yang selalu memperhitungkan biaya yang diperlukan dalam melangsungkan pesta pernikahan. Tidak jarang, beberapa jenis tenda pernikahan memiliki harga yang cukup tinggi. Namun harga itu tergantung pada model dan besarnya tenda.

2. Cari Tenda Sesuai Ukuran

Ukuran tenda bisa menyesuaikan dengan jumlah tamu undangan yang hadir. Jika tidak ingin pesta pernikahan yang terlalu penuh maka bisa mempertimbangkan jumlah tamu undangan yang akan hadir. Perhitungan ini bisa dilakukan dengan mengira-ngira jarak tamu undangan. Terutama ketika Covid-19 saat ini.

3. Memperhitungkan Buruk Yang Bisa Terjadi

Dalam hal ini sebagai penyelenggara acara kita harus memastikan apakah tenda memiliki bahan yang menyebabkan panas. Ketika musim hujan pastikan bahwa tenda tidak bocor. Untuk membantu dekorasi dan pesta pengaturan pernikahan kamu bisa menggunakan jasa WO  (wedding organizer) untuk membantu menemukan berbagai hal keperluan pernikahan seperti katering, jumlah tamu undangan, pengisi acara, dan lainnya.

7. Menggunakan Warna yang Ceria

Weddingku.com
Weddingku.com

Penggunaan warna yang ceria bisa memberikan kesan pernikahan yang menarik dan cantik. Perpaduan berbagai warna cerah bisa memberikan kesan yang hangat pada sebuah pernikahan. Tren warna cerah seperti kuning, biru muda, dan ungu bisa digunakan sebagai  visual yang kontras, namun tetap estetik. Warna yang diyakini menjadi daya tarik tersendiri jika digabungkan. Hasil yang estetik bisa mempresentasikan dua pribadi yang berbeda.

8. Menggunakan Kursi Kayu 

bridestory.com
bridestory.com

Penggunaan konsep kursi kayu pada pernikahan bisa memberikan kesan minimalis dan sederhana bagi suatu pernikahan. Kursi kayu juga termasuk elemen yang penting dalam sebuah pesta pernikahan bergaya natural. Konsep kursi kayu pada pernikahan ini masuk ke dalam konsep  casual yang memberikan kesan  intim pada pasangan. Penggunaan kusri kayu dengan menggunakan bantalan untuk dudukan juga bisa menghemat anggaran. Penggunaan kursi kayu juga disesuaikan dengan tema yang ada. Kursi kayu minimalis banyak digunakan pada pernikahan  outdoor yang biasanya diterapkan di taman atau ruangan terbuka lainnya.Usahakan menggunakan kursi kayu yang memiliki warna asli karena bisa terlihat lebih menarik, untuk alternatif lain yaitu bisa menggunakan kursi jenis rotan yang bisa menambah  estetika pada dekorasi pernikahan.

 

Related posts

5 Model Wallpaper Dinding Aesthetic dan Modern

Reza

5 Inspirasi Desain Rumah Split Level Sederhana dan Modern

Reza

5 Model Rumah Minimalis Sederhana dan Simple

Reza

Leave a Comment